Jumat, 16 Maret 2012

Psikologi Pendidikan dan Teknologi Pendidikan

  Psikologi Pendidikan adalah bidang yang membantu pengajar atau proses pembelajaran serta memberi kontribusi untuk mengahantar anak-anak meraih masa depan yang baik. Psikologi Pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, teknologi bisa menjadi salah satu fasilitas yang potensial.
      Teknologi bukan hanya membantu anak-anak belajar secara lebih efektif di sekolah, tetapi teknologi juga bisa mendekatkan sekolah ke masyarakat. Di banyak diskrit, murid dan orang tua dapat berkomunikasi dengan guru dan staf sekolah melalui e-mail. Guru dapat memasukkan hasil belajar murid ke halaman Web. Beberapa sekolah menyediakan komputer/laptop yang bisa dibawa pulang oleh murid. Banyak orang tua dan guru melaporkan bahwa koneksi komputer berhasil meningkatkan komunikasi diantara kedua belah pihak.
    Tetapi teknologi itu sendiri tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar murid. Dibutuhkan syarat atau kondisi lain untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung proses belajar murid (Earle, 2002; Sharp, 2002). Kondisi-kondisi ini antara lain (International Society for Technology in Education, 2001): visi dan dukungan dari tokoh pendidikan; guru yang menguasai teknologi untuk pengajaran; standar dan isi kurikulum; penilaian efektivitas teknologi untuk pembelajaran; dan memandang anak sebagai pembelajar yang aktif dan konstruktif.
  Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengntergrasikan komputer ke dalam proses belajar di kelas (Male. 2003). Intergrasi disesuaikan untuk mencari pekerjaan di masa depan, yang akan sangat membutuhkan keahlian teknologi dan keahlian berbasis komputer (Maney, 1999).
   Guru yang efektif tahu cara menggunakan komputer dan cara mengajar murid menggunakan komputer untuk menulis dan berkreasi. Guru yang efekif bisa mengevaluasi efektivitas game instruksional dan simulasi komputer, tahu cara menggunakan dan mengajari murid untuk menggunakan alat komunikasi melalui komputer seperti internet. Dan guru yang efektif memahami dengan baik berbagai perangkat penting lainnya untuk mendukung pembelajaran murid yang cacat.


Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar