Jumat, 30 Maret 2012

Cognitive: 4 Steps of Problem Solving

Pengalaman yang akan saya uraikan kali ini berhubungan dengan Problem Solving, lebih tepatnya mengenai tahapan Problem Solving. Menurut Wallas proses Problem Solving terdiri dari 4 tahapan, yaitu:
1.      Preparation
2.      Incubation
3.      Illumination
4.      Verification

Preparation (Perumusan masalah): Masalah yang saya hadapi pada saat itu adalah ketika saya diharuskan untuk membuat sebuah essay mengenai suatu topik: Mahasiswa dan Hari Esok, sebagai syarat utama masuk ke salah satu UKM yang ada di Universitas Sumatera Utara. Waktu yang saya miliki pada saat itu tidak terlalu banyak, sedangkan deadline pengumpulan essay tersebut sudah semakin dekat. Mau tidak mau saya harus mencurahkan segala paradigma yang saya miliki mengenai Mahasiswa dan Hari Esok. Tapi saya belum mendapat inspirasi yang tepat untuk memulai tulisan saya pada saat itu.

Incubation: Kemudian saya berinisiatif untuk merenung. Tapi bukan hanya sekedar merenung, saat itu saya juga menggunakan lagu-lagu sebagai bahan perenungan, dengan harapan saya bisa mendapatkan inspirasi dari lirik-liriknya.

Illumination: Dan benar saja, saya terhenti di sebuah lirik lagu: ‘pilihan’. Saya merasa ada hal yang harus saya ulas berhubungan dengan ‘Pilhan’, ‘Mahasiswa’ dan ‘Hari Esok’. Kemudian, judul yang saya ambil untuk essay saya adalah MAHASISWA DAN JURUSAN.

Verification: Keputusan saya untuk menggunakan judul tersebut dikarenakan realita yang berkembang di tengah masyarakat mengenai dinamika calon mahasiswa dalam memilih jurusan saat kuliah nanti. Ditambah lagi dengan banyaknya adik-adik kelas di SMA saya yang saat ini mulai dibingungkan dengan banyaknya pilihan jurusan dan universitas. Serta fenomena yang didapatkan oleh mahasiswa ketika mereka berada di jurusan yang kurang cocok karena mungkin belum mengerti bagaimana cara memilih jurusan yang baik dan cocok untuk diri mereka sendiri, padahal hal itu bisa manjadi sesuatu yang sangat krusial bagi masa depan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar