Kamis, 05 Mei 2011

55 alibi Napoleon Hill

(.        Andai saya tidak menikah dan berkeluarga.
2.        Andai saya punya cukup pengaruh.
3.        Andai saya punya uang.
4.        Andai saya cukup berpendidikan.
5.        Andai saya dapat pekerjaan.
6.        Andai kondisi kesehatan saya bagus.
7.        Andai saya punya waktu.
8.       Andai waktunya lebih baik.
9.        Andai orang lain mengerti saya.
10.    Andai keadaan di lingkungan saya berbeda.
11.    Andai saya dapat mengulang hidup saya kembali.
12.    Andai saya tidak takut pada apa yang mereka katakan.
13.    Andai saya dulu diberi kesempatan.
14.    Andai sekarang saya punya kesempatan.
15.    Andai orang lain tidak dendam pada saya.
16.    Andai tidak ada yang menghentikan saya.
17.    Andai saya lebih muda.
18.    Andai saya dapat melakukan yang saya inginkan.
19.    Andai saya kaya sejak lahir.
20.   Andai saya dapat bertemu orang yang tepat.
21.    Andai saya memiliki bakat seperti orang lain.
22.    Andai saya berani meminta hak saya.
23.    Andai saya memanfaatkan peluang di masa lalu.
24.    Andai orang tidak membuat saya marah.
25.    Andai saya tidak harus menjaga rumah dan anak-anak saya.
26.    Andai saya dapat menyisihkan sedikit uang.
27.    Andai bos menghargai saya.
28.    Andai ada orang yang membantu saya.
29.    Andai keluarga saya mengerti saya.
30.   Andai saya di kota besar.
31.    Andai saya dapat segera mulai.
32.    Andai saya bebas.
33.    Andai saya memiliki kepribadian seperti orang lain.
34.    Andai saya tidak terlalu gemuk.
35.    Andai bakat saya diketahui.
36.    Andai saya dapat peluang.
37.    Andai saya dapet keluar dari jerat hutang.
38.    Andai saya tidak gagal.
39.    Andai saya tau caranya.
40.   Andai semua orang tidak memusuhi saya.
41.    Andai saya tidak terlalu banyak cemas.
42.    Andai saya dapat menikahi orang yang tepat.
43.    Andai orang-orang tidak terlalu bodoh.
44.    Andai keluarga saya tidak terlalu boros.
45.    Andai saya yakin pada diri saya sendiri.
46.    Andai nasib baik memihak pada saya.
47.    Andai saya tidak lahir dengan zodiak yang salah.
48.   Andai tidak ada yang namanya takdir.
49.   Andai saya tidak harus bekerja terlalu keras.
50.   Andai saya tinggal di lingkungan yang lain.
51.    Andai saya tidak punya rasa malu.
52.    Andai saya tidak punya masa lalu.
53.    Andai saya punya usaha sendiri.
54.    Andai orang lain mau mendengarkan saya.
55.   Andai.. saya memiliki keberanian untuk melihat siapa diri saya sebenarnya, saya akan cari tahu apa yang salah dengan diri saya, dan memperbaikinya. Dengan begitu, saya akan memiliki peluang untuk mengambil manfaat dari kesalahan dan belajar sesuatu dari pengalaman orang lain karena saya tahu ada sesuatu yang salah dengan saya atau saya sudah berada di tempat yang seharusnya. Andai saya telah mengeluarkan waktu untuk menganalisis kelemahan saya dan tidak membuang waktu mencari alibi untuk menutupinya!


(dikutip dari: Zuhud Rozaki, The Big 4 In Life)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar