Minggu, 09 Maret 2014

TESTIMONI PERKULIAHAN PEDAGOGI, SENIN 3 MARET 2014

Perkuliahan pada hari tersebut diawali dengan presentasi yang sebelumnya telah diadakan voting terhadap kelompok yang akan presentasi). Awalnya dipilih 3 kelompok, namun karena keterbatasan waktu maka hanya ada 2 kelompok yang presentasi, kelompok saya adalah salah satunya. Beberapa materi yang dibawakan adalah definisi tentang Pedagogi, perbedaannya dengan Pedagogik, tujuan pedagogi, hal-hal tentang mengajar, dan kompetensi guru yang ideal.
Setelah proses presentasi berlangsung, maka dibukalah sesi diskusi dengan tiga pertanyaan, yaitu:

 1.      Bagaimana penggunaan istilah Paedagogi dan Pedagogi, apakah sama atau memiliki perbedaan?
Sebenarnya perbedaan istilah yang dimaksud tidak terlalu signifikan, hanya saja Paedagogi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani paidos berarti “anak” dan ago berarti "memimpin"; sehingga secara harfiah Paedagogi berarti "memimpin anak".

2.    Adakah batasan usia kronologis penggunaan metode Pedagogi?
Ada batasan usia penggunaan metode Pedagogi, yaitu sampai batas usia anak-anak (berhubung Pedagogi merupakan pendidikan untuk anak-anak). Karena telah ada pendidikan yang diperuntukkan diatas taraf usia anak-anak yaitu Andragogi.

3.    Mohon jelaskan kembali perbedaan Pedagogik dan Pedagogi.
Menurut Langeveld (1980) Pedagogik diartikan dengan ilmu mendidik, lebih menitikberatkan kepada pemikiran, dan perenungan tentang pendidikan. Sedangkan istilah pedagogi berarti pendidikan yang lebih menekankan kepada praktik, menyangkut kegiatan mendidik dan membimbing anak.